Harga Tiket Taman Safari Bogor Beserta Alamatnya

Kalau biasanya tempat konservasi terdengar membosankan bagi kalangan umum, tidak demikian dengan Taman Safari Indonesia (TSI). Destinasi yang juga dikenal sebagai Taman Safari Bogor ini justru menjadi objek wisata populer di kawasan Puncak.

Sejak dibangun pada tahun 1980, TSI memang tak sekedar melestarikan satwa-satwa langka. Tapi juga mengemas dirinya menjadi destinasi wisata keluarga, edukasi, alam, dan petualangan yang menarik.

Hewan-hewan koleksinya dibiarkan berkeliaran di lingkungan yang dibuat mirip dengan habitat asalnya. Alih-alih menyeramkan, hal inilah yang menjadi tarik tersendiri yang membedakan TSI dari kebun binatang pada umumnya.

Pengunjung jadi bisa melihat dan berinteraksi dengan hewan-hewan dari dekat. Sementara itu, para satwa bisa lebih bebas bergerak tanpa terpenjara kandang yang sempit.

Hingga akhir 2017, koleksi satwa TSI sudah mencapai 2.500 lebih. Tak hanya dikumpulkan dari Indonesia saja, tapi juga dari berbagai penjuru dunia.

TSI juga memiliki lebih dari 20 wahana permainan dan 9 pertunjukan yang dapat dinikmati para pengunjung. Jadi, jangan khawatir mati gaya kalau berkunjung ke sana.

Tertarik mau ke sana? Simak dulu informasi lengkap tentang Taman Safari Indonesia di bawah ini.

 

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di TSI

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di tempat wisata yang berdiri di atas lahan seluas 168 ha ini. Saking banyaknya, mungkin 1 hari aja nggak bakal cukup untuk melakukan semuanya. Nggak percaya? Simak aja daftarnya di bawah ini.

1. Safari Journey

 

Ini dia daya tarik utama Taman Safari Indonesia. Yakni melakukan perjalanan selama kurang lebih 45 menit ke “alam liar” untuk melihat koleksi satwa langka dari dekat.

Buat yang baru pertama kali ke sana, jangan kaget kalau tiba-tiba ada zebra, unta, atau rusa yang tiba-tiba nyebrang jalan atau mendekati mobil kita. Kalau jendela dibuka, kepala mereka bahkan suka masuk ke mobil.

Berinteraksi dengan hewan diperbolehkan selama tidak mengganggu dan membuat kemacetan. Beberapa pengunjung juga sering memberikan makanan seperti wortel atau sayuran meski sebenarnya dilarang di brosur.

Akan tetapi, jangan sekali-kali membuka jendela di kawasan hewan buas seperti singa atau harimau. Apalagi sampai membuka pintu dan keluar dari mobil.

Oh iya, untuk berkeliling, kamu bisa memakai mobil pribadi. Tapi kalau tidak punya, TSI menyediakan bus gratis untuk berkeliling. Sedangkan di safari malam, ada kereta mini gratis yang siap menemani.

2. Baby Zoo

Satwa yang dilepas dan bisa dilihat di Safari Journey biasanya sudah dewasa dan siap berpetualang sendiri. Untuk hewan yang masih bayi dan anak-anak, bisa dikunjungi di arena Baby Zoo.

Di sini, kamu bisa berfoto bersama bayi singa, harimau sumatera, orang utan, dan macan. Namun, kamu perlu membayar lagi Rp20.000 untuk sekali foto. Ada juga beberapa spesies burung langka, kanguru, lemur, dan harimau putih yang diperlihatkan.

Selain itu, kamu juga bisa naik gajah dan berjalan-jalan di hutan selama sekitar 1 jam. Satu ekor gajah didampingi seorang pawang dan bisa dinaiki oleh 4 orang dewasa. Ada juga aksi tunggang unta dan kuda poni di sini.

3. Pertunjukan Edukatif

Puas berkeliling melihat hewan, kamu dapat menyaksikan pertunjukan edukatif yang biayanya sudah termasuk harga tiket terusan.

Total ada 9 macam pertunjukan yang digelar satu sampai dua kali dalam sehari di safari siang. Ini dia nama dan jadwal pertunjukan Taman Safari Bogor:

  • Elephant Show: Setiap hari (11.30 & 16.30 WIB)
  • Dolphin Show: Setiap hari (13.00 & 16.30 WIB)
  • Cowboy Show: Setiap hari (14.00 WIB), akhir pekan & hari libur (13.30 & 15.30 WIB)
  • Various Animal Show: Setiap hari (11.30 & 15.00 WIB)
  • Tiger Show: Setiap hari (13.30 & 16.00 WIB)
  • Sea Lion Show: Setiap hari (11.30 & 15.00 WIB)
  • Birds of Prey Show: Setiap hari (14.30 – 16.00 WIB)
  • Safari Theatre: Setiap hari (15.30 WIB), akhir pekan & hari libur (13.30 – 15.30 WIB)
  • Globe of Death: Setiap hari (14.00 – 16.30 WIB)

Kamu bisa menyaksikan kecerdasan hewan-hewan seperti gajah, lumba-lumba, singa, dan singa laut lewat pertunjukan-pertunjukan di atas. Tujuannya adalah memberikan informasi dan pengetahuan untuk menjaga lingkungan dengan cara yang menyenangkan.

Di akhir pertunjukan, kamu dapat mengabadikan hewan dengan hewan-hewan di atas. Namun, ada biaya tambahan sebesar Rp10.000 – Rp25.000 yang harus kamu bayar.

Di safari malam pun ada dua jadwal pertunjukan yang digelar setelah Journey. Jadwalnya bisa kamu simak di bawah ini:

  • Various Animal Show: 21.00 WIB
  • Fire Dance: 22.10 WIB

4. Naik Wahana Taman Safari Bogor

Sumber: Instagram.com/senopujonggo/

Ada lebih dari 20 wahana Taman Safari Bogor yang bisa kamu nikmati. Sebagian besar sudah termasuk dalam tiket terusan sehingga tidak perlu membayar lagi. Namun, ada juga yang perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Sebagian wahana Taman Safari Bogor ini hanya boleh dinaiki oleh anak-anak (A) atau dewasa (D). Namun ada juga yang bisa dinaiki oleh umum (U). Ini dia daftar Wahana Taman Safari Bogor yang sudah termasuk dalam tiket terusan:

  • Gajah Terbang (A)
  • Speed Way (A)
  • Mandi Bola (A)
  • Crazy Plane (A)
  • Angsa Terbang (A)
  • Foam Ball (A)
  • Samba Salon (A)
  • Boom Boom Car (U)
  • Rumah Hantu (U)
  • Sepeda Layang (U)
  • Kereta Mini BBZ (U)
  • Perahu Air (U)
  • Lolly Swing (U)
  • Flume Ride (U)
  • Pony Rodeo (U)
  • Bumper Boat (U)
  • Magic Bike (U)
  • Sky Race (U)
  • Z Force Tower (D)
  • Space Shuttle (D)

Sementara itu, harga tiket terusan masih belum termasuk wahana Taman Safari Bogor berikut ini:

  • Permainan koin
  • Jumbo Jungle Adventure
  • Elephant Safari Trails
  • Satwa tunggang
  • Kereta wisata
  • Kereta gantung
  • 4D Rider

5. Waterpark

Selain  berinteraksi dengan satwa dan naik wahana Taman Safari Bogor, kamu juga bisa main air dan berenang. Tepatnya di waterpark yang lokasinya bersebelahan dengan panggung pertunjukan aneka satwa.

Kolam renang yang cukup luas ini dilengkapi berbagai permainan seperti jalur Spiral Water Slide, Lazy River, Kiddy Pool, dll. Pengunjung juga dapat melihat-lihat akuarium serta berenang bersama buaya dan linsang jika berani.

Ingin berselfie-selfie ria? Bisa juga. Waterpark ini menyediakan pendopo bernuansa Afrika yang kece banget buat dijadikan spot foto.

 

6. Safari Trek

Mau lebih puas menjelajah alam? Ikut aja Safari Trek di Taman Safari Indonesia. Kamu akan diajak menyusuri hutan tropis melewati sungai, air terjun, sampai mencoba arena outbound seperti flying fox dan rope climbing.

Takut nyasar? Jangan khawatir, ada pemandu yang akan menemani dan membantumu selama perjalanan. Takut capek? Ada paket 3 km dan 9 km yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan fisikmu.

Safari Trek dan outbound ini juga belum termasuk dalam tiket terusan. Jadi kamu perlu membayar lagi jika ingin mengambil paketnya.

7. Balon Udara

Capek jalan-jalan dan renang, terus mau menikmati pemandangan aja dengan tenang? Ada Hot Air Balloon yang akan mengajakmu menikmati indahnya TSI dari ketinggian 40 m.

Balon udara yang diterbangkan dengan teknik udara panas ini dapat mengangkut 6 orang dewasa sekaligus. Durasi terbangnya sekitar 10 menit, sehingga kamu bakal puas melihat-lihat pemandangan di berbagai arah.

Jangan khawatir dengan keamanannya. Balon ini dikendalikan dari bawah dan diikat dengan tali dari 8 arah.

Meski demikian, tetap saja ada beberapa peraturan yang perlu dipatuhi para penggunanya. Di antaranya, dilarang merokok, makan, dan minum di atas balon. Ibu hamil juga dilarang naik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Menuju Taman Safari Bogor

 

Seperti Taman Bunga Nusantara dan destinasi Puncak lain, kamu bisa mencapai TSI baik dari arah Jakarta/Bogor maupun Bandung. Kamu pun dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Kendaraan Pribadi

Dari arah Jakarta/Bogor, kamu bisa masuk ke Tol Jagorawi kalau menggunakan mobil. Keluarlah di Gadog atau Ciawi dan lanjutkan perjalanan menuju Cisarua Puncak. Sampai di Jalan Raya Puncak, belok kanan ke Jalan Taman Safari. Ikuti jalan hingga kurang lebih 2 km.

Sementara itu, yang dari Bandung bisa masuk ke Tol Purbaleunyi dan keluar di Padalarang. Ikuti Jalan Labuan – Cianjur, lurus terus ke arah Cisarua Puncak hingga bertemu pertigaan dengan plang TSI besar di kiri jalan, belok kiri.

Kendaraan Umum

Naik kendaraan umum ke TSI cukup mudah. Dari Jakarta, kamu bisa naik bus jurusan Bandung via Puncak dan turun di pertigaan TSI. Dari situ, tinggal naik ojek atau angkot sekitar 10 menit sebelum sampai tujuan.

Kalau naik KRL, dari Stasiun Bogor kamu pindah ke angkot hijau 02 ke Sukasari dan oper angkot biru ke Cisarua. Bisa juga naik 03 ke Baranangsiang dan oper L300 ke Puncak. Turun di pertigaan TSI, lanjutkan perjalanan dengan ojek atau angkot.

Yang dari Bandung bisa naik bus jurusan Jakarta via Puncak dan turun di pertigaan TSI. Lanjutkan perjalanan dengan cara yang sama, yakni naik ojek atau angkot.

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk TSI

Ada dua macam safari yang bisa dilakukan di sini, yakni siang dan malam. Safari siang buka pukul 08.30 – 17.00 WIB di hari biasa dan 08.00 – 17.00 WIB di akhir pekan dan hari libur. Sementara itu, safari malam buka setiap akhir pekan mulai pukul 17.00 WIB.

Harga tiket terusan Taman Safari Bogor untuk wisatawan domestik yaitu Rp160.000 (anak-anak) dan Rp180.000 (dewasa). Untuk wisatawan asing, harganya Rp250.000 (anak-anak) dan Rp300.000 (dewasa). Dewasa di sini adalah berusia 6 tahun ke atas.

Cukup mahal, ya? Tapi jangan khawatir. Seperti disampaikan di atas, tiket di atas bersifat terusan. Jadi, bisa dipakai juga untuk menonton 9 pertunjukan dan menaiki lebih dari 20 wahana Taman Safari Bogor secara gratis.

Harga tiket terusan ini juga berlaku untuk safari malam. Bedanya, di malam hari kamu akan mendapat fasilitas kereta mini gratis untuk berkeliling menyaksikan satwa.

Tips Wisata di Taman Safari Indonesia

sumber https://www.instagram.com/fionavic/

Untuk memperlancar perjalananmu berwisata di Taman Safari Indonesia, kamu bisa mengikuti tips-tips berikut ini:

  • Taman Safari Indonesia masih termasuk kawasan Puncak yang terkenal macet saat musim liburan. Ada baiknya kamu berangkat pagi-pagi buta atau sehari sebelumnya jika ingin ke sana.
  • Kalau menginap di hotel sekitar TSI, jangan lupa tanyakan apakah ada voucher yang bisa kamu manfaatkan. Kadang ada hotel yang menyediakan voucher baik gratis maupun tidak.
  • Kota dan Kabupaten Bogor mempunyai curah hujan yang tinggi. Daripada basah kuyup kehujanan, lebih baik sedia payung sebelum berangkat.
  • Kalau pergi bersama anak-anak, awasi mereka dengan baik, terutama saat berada di area satwa. Jangan biarkan mereka mengeluarkan bagian tubuhnya dari mobil.
  • Bawa bekal dari rumah karena harga makanan dan minuman di sana bisa lebih mahal.
  • Pahami jadwal pertunjukan Taman Safari Bogor sebelum berangkat agar kamu bisa merencanakan mana saja yang akan kamu tonton dan mana yang tidak.
  • Rencanakan juga mana wahana Taman Safari Bogor yang ingin kamu naiki. Sehingga sesampainya di sana, kamu tak kebingungan lagi dan kehabisan waktu untuk memilih. Molor sedikit saja, antrian bisa tambah panjang, terutama saat musim liburan.
  • Baca-baca pedoman wisata di Bogor agar kamu tahu apa saja yang perlu disiapkan selama perjalanan.
  • Ikuti selalu peraturan yang disediakan pihak TSI.